PELATIHAN PEMULASARAN JENAZAH COVID 19 DESA KOPEN

Kopen, (18/10/2021)

Dalam masa pandemic segala sesuatu harus siap siaga, terutama jika ada warga lingkungan tempat tinggal yang meninggal dikarenakan virus corona. Agar masyarakat lebih paham serta tidak kaget ataupun panik manakala ada warga atau tetangganya yang harus dimakamkan dengan protokol kesehatan penanganan covid 19, maka Pemerintahan Desa Kopen bekerjasama dengan Puskesmas Kecamatan Jatipurno mengadakan pelatihan pemulasaran jenazah dengan protokol kesehatan covid 19. Pelatihan yang dikuti oleh 20 peserta yang dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober 2021.

Setiap Dusun mengirimkan peserta dimana peserta tersebut bersedia untuk bertugas sebagai perawat jenazah. Bertindak sebagai narasumber Bapak Totok dari Puskesmas dari Kecamatan Jatipurno yang menyampaikan tentang penanganan covid secara umum dan Bapak Sugeng pegawai kantor kelurahan Balepanjang yang mempraktekkan bagaimana cara pemulasaran jenazah dengan protokol kesehatan covid 19.

Kepala Desa Kopen dalam pengarahannya mengatakan bahwa perawatan jenazah/ pemulasaran sebenarnya sudah biasanya dikalangan masyarakat artinya di setiap Desa sudah ada yang menangani. Hanya dengan adanya pandemi covid 19 ini ada beberapa hal yang menjadi berbeda dan wajib dilaksanakan. Oleh karena itu Kepala Desa Kopen berharap agar peserta pelatihan betul-betul memperhatikan serta aktif dalam sesi diskusi sehingga diharapkan pemakaman jenazah dengan protokol kesehatan covid 19 bukan menjadi hal yang aneh dan ditakuti oleh masyarakat lagi.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan