RAPAT KOORDINASI TIM 11 DESA KOPEN

Kopen (26/2/2020), Tim Penyusun atau Perumus Rencana Program Jangka Menengah Desa (RPJMDes) yang terdiri dari 11 (sebelas) anggota menyusun agenda kegiatan tahapan RPJMDes Kopen pada hari Rabu (26/2/2020) di Ruang Rapat Balai Desa Kopen.

Dalam rapatnya Tim Penyusun RPJMdesa melaksanakan dan merumuskan hasil dari musyawarah di delapan dusun dan musyawarah sektoral dari berbagai sektor seperti Pemuda, Petani, Peternak dan sektor lainnya. Dalam rapat penyusunan hasil musyawarah RPJMDes hadir Kepala Desa, perwakilan karang taruna, perwakilan LPM dan Perangkat Desa untuk merumuskan hasil Musdus dan Mussek RPJMDes Kopen untuk periode 2021-2026.

Kepala Desa Kopen Sarto menyampaikan, bahwa sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No. 114 tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa bahwa RPJM Desa merupakan Rencana Kegiatan Pembangunan Desa untuk jangka waktu 6 (enam) tahun.

Dalam Pasal 6 Permendagri nomor 114 tahun 2014 berbunyi Rancangan RPJM Desa memuat visi dan misi kepala Desa, arah kebijakan pembangunan Desa, serta rencana kegiatan yang meliputi bidang penyelenggaraan Pemerintahan Desa, pelaksanaan pembangunan Desa, pembinaan kemasyarakatan Desa, dan pemberdayaan masyarakat Desa.

Sarto Kepala Desa Kopen terpilih dan sudah dilaksanakan pelantikan pada tanggal 16 Desember 2019, ini berarti harus menuju tantangan baru. Pertama, sebelum menginjak 3 bulan terpilih, Kepala Desa harus sudah rampung menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes). Hal ini termaktub dalam Pasal 79 UU No. 6 tentang Desa Tahun 2014.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan