PELATIHAN PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI DESA BAGI OPERATOR SID

Kopen (28/10/2019)

Perangkat desa di kecamatan Jatipurno mengikuti kegiatan pelatihan Sistem Informasi Desa (SID) yang diselenggarakan oleh Kecamatan Jatipurno.  Dari 9 desa masing-masing terdiri dari 2 perangkat desa. Kegiatan Pelatihan ini dibuka oleh Sekcam Jatipurno, Saidi.

Rangkaian kegiatan pelatihan pengembangan SID kali ini terdiri dari 4 materi, yaitu 1. Keterbukaan informasi publik; 2. Jurnalisme-website; 3. Tips memotret dengan smartphone; dan  4. Design website desa. Para peserta pelatihan dilatih untuk membuat sebuah berita dan diajarkan cara mengolah data menggunakan aplikasi Sistem Informasi Desa.

Para peserta diberikan pengetahuan terkait penulisan berita yang benar sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Para peserta harus bisa memunculkan potensi desa dari berita yang dibuatnya dengan mendasari fakta dan gambar sesuai dengan isi berita tersebut.

Perangkat desa / operator SID memang harus diberikan teknik mengambil gambar yang baik. Mereka harus bisa mengambil momen pengambilan foto yang baik sehingga hasil fotonya memiliki pesan sesuai berita yang nanti akan ditulisnya.

Setelah pelatihan selesai, peserta diajak untuk mempraktekan secara langsung pembuatan berita yang ringkas terkait pelatihan disertai dengan pengambilan gambar yang menarik sesuai dengan isi berita. Setelah mereka mampu untuk membuat berita maka website desa yang ada bisa terisi dengan berbagai macam informasi dan berita terkait desa tersebut.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan