Peternakan Kambing Perah Desa Kopen

Kopen (23-02-2018), salah satu potensi yang dimiliki desa Kopen yaitu sektor peternakan kambing perah yang berada di dusun Pagutan, Desa Kopen. Peternakan kambing perah yang dimulai pada tahun 2012, dinaungi oleh kelompok ternak “Taruna Mandiri”. Sebuah potensi yang patut diperhatikan dan dikembangkan, mengingat sektor tersebut dapatĀ mendukung peningkatan perekonomian rakyat. Sumber daya alam yang masih luas berperan dalam ketersediaan pakan yang melimpah terutama disaat musim penghujan.
Di samping jumlah permintaannya yang saat ini mulai booming, pelaku usaha kambing perah juga masih sangat sedikit atau langka. Untuk peternakan kambing, masih lebih banyak yang ternaknya diperuntukkan sebagai jenis pedaging ketimbang kambing penghasil susu. Sehingga, peternakan susu kambing ini sangat menjanjikan untuk dilakukan.
Sampai sekarang pengembangan kambing untuk diambil hasil susunya masih belum dipahami para peternak kambing. Di lain sisi, memang promosi dalam mengkonsumsiĀ susu kambing juga masih kurang, ditambah juga dengan pemahaman masyarakat tentang manfaat susu kambing yang juga masih kurang.
Beternak kambing perah sebetulnya mampu menopang perekonomian bagi masyarakat. Selain juga manfaat kesehatan yang bisa dirasakan banyak orang dari mengkonsumsi susu kambing.
Dengan beternak kambing perah merupakan salah satu solusi alternatif yang bisa diandalkan untuk memberantas pengangguran. Sebab, untuk memulai bidang usahanya tidaklah begitu membutuhkan modal yang besar.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*